Buffon: Aku Beri Tips untuk Diamanti

Buffon: Aku Beri Tips untuk Diamanti
Buffon: Aku Beri Tips untuk Diamanti
KYIV, KOMPAS.com — Sebelum adu penalti, Gianluigi Buffon takut bakal kalah dari Inggris secara menyakitkan. Apa yang membuatnya tampil spartan dalam sepakan 12 pas, Minggu atau Senin (25/6/2012) dini hari WIB? Apakah benar ia memberi tips kepada Alessandro Diamanti?

"Ketika adu penalti dimulai, itulah saatnya lotere. Anda bisa menang beruntung atau kalah buntung," ucapnya kepada Football Italia.

Gigi—sapaan Buffon—merasa timnya layak menang melihat dominasi yang dilakukan atas Inggris selama 120 menit. Apalagi, sejumlah peluang terbuang percuma dan gagal dikonversi menjadi gol ke gawang Inggris.

Beban Buffon makin berat setelah penalti Riccardo Montolivo melenceng ke sebelah kanan gawang Joe Hart.

"Aku tak pernah berpikir apa-apa. Yang aku lakukan adalah membuat penyelamatan sebanyak mungkin demi rekan-rekan yang telah berjuang 120 menit dan juga untukku sendiri," cetus kiper Juventus itu.

Bagaimana Anda bisa menahan penalti Ashley Cole?

"Sebuah hal yang bagus ketika sukses mengeblok penalti Cole. Yang aku bayangkan sebelumnya, orang memiliki rasa gentar saat itu. Setelah itu pikiranku melayang kepada korban-korban gempa bumi, lalu untuk fans di rumah yang selalu menunjukkan gairahnya," lanjut Buffon.

Uniknya, ia mengaku tak pernah melihat eksekusi penalti yang dilakukan para pemain Italia. Buffon mengaku itu sudah menjadi kebiasaannya.

"Aku mengakui memberi saran kepada Diamanti untuk melebarkan arah tembakannya. Eksekusi ke tengahnya sudah telanjur terkenal. Aku memberitahunya kalau (Joe) Hart pasti sudah melihat video dan mempelajari kebiasaan penaltinya. Ia pun mengubah arah tembakannya," sambung Buffon.

Bagaimana dengan Jerman, calon lawan di semifinal, Kamis (28/6/2012)?

"Aku gembira melangkah ke semifinal. Sebuah prestasi terhormat dan bergabung dengan Spanyol, Jerman, dan bahkan Belanda yang di atas kertas lebih superior. Target telah tercapai dan kami berambisi melampauinya karena memang kami mampu untuk itu," pungkasnya.

Buffon: Aku Beri Tips untuk Diamanti
Buffon: Aku Beri Tips untuk Diamanti