Tips: Diet Yang Benar Saat Haid

Tips: Diet Yang Benar Saat Haid
Tips: Diet Yang Benar Saat Haid
WartaNews, Jakarta - Saat menstruasi/haid datang, inginnya makan ini makan itu. Alhasil berat badanpun naik lagi. Tapi, kalau dipaksa mengikuti program diet seperti biasanya, aduh... tak tahan rasanya perut menahan kram dan rasa tak nyaman di pinggang.

Kalau begitu. coba ikuti tips diet saat haid datang berikut ini yuk:

Tips 1:
Yang terpenting dalam diet adalah: jangan sampai tidak makan ini dan itu. Kuncinya, memilih makanan dan minuman yang tepat sesuai kebutuhan tubuh.

Tips 2:
Saat masa menstruasi, rasa gelisah dan cemas disebabkan oleh sakit di bagian perut dan pinggang. Sehingga terkadang kita sering terdorong ingin makan makanan yang membuat kecemasan jadi hilang. Sayangnya pilihan seringkali jatuh pada makanan yang manis-manis.
Nah, pada saat ini, lebih baik pilih menu makanan seperti buah dan sayuran, agar kebutuhan gula tercukupi namun juga dapat menekan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Tips 3:
Batasi konsumsi garam saat sedang haid. Mengapa? karena menurut Dietary Guidelines for Americans, seperti dikutip dari SheKnows.dom, membatasi konsumsi garam akan membantu mengurangi kram perut.

Dan, agar tubuh tidak dehidrasi kita harus mengonsumsi air mineral cukup setiap harinya.

Tips 4:
Perbanyak konsumsi serat yang didapat dari buah-buahan dan sayuran. Mengapa? karena dengan mengonsumsi serat yang cukup, maka tubuh akan lebih bugar, serta peredaran darah dalam tubuh lebih lancar, pencernaanpun tidak terganggu.

Tips 5:
Jangan lupakan kalsium ya! Karena kalsium membantu mengendalikan sel syaraf yang berhubungan langsung dengan kegelisahan dan rasa resah.

Minum segelas susu putih hangat sebelum tidur, dan dapatkan tidur nyenyak yang lebih rileks. Selain itu, kalsium juga bisa ditemukan di yogurt, keju, serta produk susu lainnya.

Tips 6:
Saat sedang menstruasi (maupun tidak) alangkah baiknya apabila kita menghindari aneka macam junk food. Memang sih rasanya lega karena memanjakan diri dengan makanan semacam itu, namun Anda tak akan memetik gizinya.

Berat badan juga akan justru bertambah. Selain itu, kandungan sodium dalam junk food tinggi, sehingga justru akan memperparah kram perut Anda. (*/dok)

Tips: Diet Yang Benar Saat Haid
Tips: Diet Yang Benar Saat Haid