DPR: Indonesia Bukan Negara Gagal

DPR: Indonesia Bukan Negara Gagal
DPR: Indonesia Bukan Negara Gagal
Pramono Anung.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung tak sepakat jika Indonesia dikatagorikan sebagai negara gagal. Indonesia punya potensi ekonomi dan itu diakui dunia. "Saya melihat Indonesia tidak gagal," kata Pramono Anung di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (21/6).

Menurut Pramono, peringkat yang diberikan lembaga Fund for Peace justru menjadi tantangan. Ia mempertanyakan apa yang membuat Indonesia dikatagorikan sebagai negara gagal. Sebab, Indonesia diakui negara dunia di G-20. Apalagi demokrasi berjalan.

"Memang ada masalah disparitas, ada masalah kemiskinan, karena memang dengan prinsip ekonomi," ujar Pramono. Pramono meminta masyarakat tidak perlu menanggapi serius hasil pemeringkatan itu. Ia yakin Indonesia bukan negara gagal.

Hal senada disampaikan Ketua DPR RI Marzuki Alie. Marzuki meminta masyarakat tidak percaya predikat lembaga Fund for Peace untuk Indonesia. Apalagi indikator Indonesia sebagai negara gagal tidak jelas.

Indonesia sendiri, kata Marzuki, termasuk negara sukses. Itu diapresiasi oleh negara Eropa dan negara anggota G-20. Indonesia relatif aman. Soal kesenjangan antara kaya dan miskin harus menjadi tugas bersama. "Jangan memercayai orang luar negeri yang dengan tanda kutip kadang kala punya agenda terselubung," kata Marzuki.

Marzuki menduga, ada pihak yang tidak senang dengan kemajuan Indonesia. Karena itu, tak perlu skeptis mengenai predikat itu. "Seharusnya kita bangga sebagai suatu bangsa bisa mandiri meski belum sempurna, kita akui sempurna, menuju kesana butuh waktu," kata dia.(Andhini)



DPR: Indonesia Bukan Negara Gagal
DPR: Indonesia Bukan Negara Gagal